-->

Billboard Ads


Ada beberapa cara untuk dapat mentransfer aplikasi ke perangkat atau ponsel baru terlepas apakah Anda telah berhasil membuat backup atau cadangan ponsel lama Anda atau tidak. Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda telah mencadangkan data aplikasi Anda, sehingga dapat menyimpan kemajuan game, mengakses riwayat obrolan Anda, data peramban seluler, dan masih banyak lagi.

Petunjuk pada posting ini berlaku untuk Android Pie 9.0, Oreo 8.0, dan Nougat 7.0 dan berlaku pada hampir semua merk HP seperti : Samsung, Google, Huawei, Xiaomi, dll. Pastikan ponsel android baru Anda telah terisi daya baterai penuh sebelum melanjutkan.

Gunakan Fitur Cadangan dan Pemulihan Android

Cara termudah untuk mentransfer aplikasi dari Android ke Android lain adalah dengan mencadangkan perangkat lama Anda dan menggunakan fungsi pemulihan di Android yang baru .

Catatan : Anda tidak dapat mengembalikan cadangan dari versi Android yang lebih tinggi ke perangkat yang menjalankan versi Android yang lebih rendah.

Pertama, Anda perlu mengecek apakah HP lama telah membackup atau mencadangkan data Anda. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut :

  1. Buka Pengaturan .
2. Gulir ke bawah dan ketuk Sistem .

3. Pilih  Cadangkan. (Anda mungkin harus memperluas bagian Advanced terlebih dahulu.)



Catatan : Pengaturan menu Anda mungkin sedikit berbeda tergantung pada pabrikan ponsel Anda dan versi Android-nya.

4. Pastikan bahwa sakelar Cadangkan ke Google Drive aktif. Jika sudah, Anda siap untuk mencadangkan.

5. Jika masih dimatikan, geser sakelar kekanan untuk menghidupkan dan ketuk Cadangkan sekarang .

6. Saat cadangan selesai, Anda siap ke langkah berikutnya pada ponsel Android Anda yang baru.

Restore atau mengembalikan data Anda ke HP android yang Baru

Sekarang Anda siap untuk mengembalikan data Anda ke Android baru. Jika Anda belum melakukan pengaturan pada HP baru, Anda dapat memulihkan data, termasuk aplikasi dari HP android yang lama ke yang baru. 

1. Isi daya Android baru Anda dan aktifkan.

Ikuti petunjuk di layar hingga menanyakan apakah Anda ingin mengembalikan data dari perangkat lain. Anda dapat memilih untuk memulai dengan yang bersih ketika Anda memiliki telepon baru, tetapi mengembalikan data dari telepon lama akan membuat transisi lebih mudah.

Proses ini akan sedikit berbeda tergantung pada pabrikan, operator, dan versi OS Anda.

2. Pilih perangkat yang ingin Anda restore data dan ketuk Salin Data Anda .

3. Android Anda akan meminta Anda untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi . Pastikan terhubung dengan yang sama dengan ponsel lama Anda.

4. Selanjutnya, Anda akan melihat opsi restore atau pengembalian. Pilih salah satu cadangan dari ponsel Android (jika Anda memiliki Android lama di tangan) atau cadangan dari cloud (jika tidak).

5. Dengan menggunakan akun yang sama dengan yang Anda gunakan di ponsel lama, masuk ke akun Google Anda.

6. Sekarang Anda akan melihat daftar opsi cadangan, yang akan mencakup perangkat Android lama Anda.

7. Pilih yang benar (kemungkinan besar yang terbaru) dan ketuk Pulihkan untuk memindahkan semua data dan pengaturan dari perangkat Anda sebelumnya. Ketuk Aplikasi untuk memilih aplikasi mana yang Anda inginkan pada perangkat baru.

8. Saat data Anda dipulihkan di latar belakang, Anda dapat melanjutkan dengan proses pengaturan.

Gunakan Samsung Smart Switch Mobile App

Jika Anda memiliki Galaxy S7 atau yang lebih baru, Smart Switch Mobile sudah diinstal sebelumnya pada perangkat Anda. Untuk perangkat yang lebih lama, Anda dapat mengunduh aplikasi dari Google Play atau toko aplikasi Samsung. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mentransfer data dari ponsel Android yang menjalankan 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru ke ponsel Samsung.

Untuk mengakses aplikasi pada S7 atau yang lebih baru, ketuk Pengaturan > Akun > smart switch. Untuk ponsel lain, cari di laci aplikasi Anda.



Ada tiga metode yang dapat Anda gunakan dengan Smart Switch: Nirkabel, kabel USB, atau penyimpanan eksternal (kartu SD atau penyimpanan USB). Berikut cara mentransfer aplikasi menggunakan metode nirkabel, yang paling mudah.


MENGGUNAKAN SMART SWITCH DENGAN KONEKSI NIRKABEL:

  1. Luncurkan Smart Switch di ponsel baru Anda.
  2. Pilih Nirkabel > Terima >Android
  3. Buka Smart Switch di perangkat lama Anda.
  4. Ketuk Nirkabel >Kirim. 
  5. Ikuti petunjuk layar pada perangkat baru Anda.

MENGGUNAKAN SMART SWITCH DENGAN KABEL USB:
  1. Hubungkan kabel USB ponsel lama Anda.
  2. Sambungkan kabel itu ke konektor USB Samsung.
  3. Tancapkan konektor USB Samsung ke ponsel Samsung baru Anda.
  4. Luncurkan Smart Switch di ponsel lama Anda.
  5. Sesuaikan pengaturan USB di ponsel lama Anda ke Perangkat media (MTP).
  6. Ikuti layar yang meminta untuk mentransfer aplikasi.

MENGGUNAKAN SMART SWITCH DENGAN KARTU SD:

Terakhir, untuk menggunakan opsi penyimpanan eksternal, masukkan kartu SD atau sambungkan ponsel ke perangkat penyimpanan USB yang berisi aplikasi yang ingin Anda pulihkan. Ikuti petunjuk layar.


Samsung juga memiliki aplikasi Smart Switch untuk Windows dan Mac . Unduh dan luncurkan aplikasi desktop, sambungkan ponsel baru Anda ke komputer, dan ikuti instruksi di layar untuk mentransfer aplikasi dan data lainnya.

Mencadangkan dan Memulihkan Game

Barangkali kalaian akan frustrasi ketika menyalakan ponsel baru, membuka game favorit Anda, dan menemukan bahwa kemajuan Anda telah terhapus ? Jangan takut, untuk sebagian besar game di Play Store, Anda dapat dengan mudah mencadangkan progres game dan membawanya ke setiap perangkat baru. Cara paling umum untuk membuat cadangan game menggunakan aplikasi yang disebut Google Play Game. Aplikasi yang kompatibel memiliki ikon gamepad hijau di daftar Play Store mereka.

Buka aplikasi, ketuk menu tiga titik di kanan atas, lalu Pengaturan , dan beralih ke permainan secara otomatis ke posisi aktif. Setelah Anda mentransfer game ke ponsel baru, masuk ke akun Play Game Anda untuk menyinkronkan kemajuan.

Jika game Anda tidak kompatibel dengan Google Play Games, Anda harus mencadangkannya secara terpisah. Periksa pengaturan aplikasi untuk melihat apakah ada opsi cadangan. 

Mencadangkan Aplikasi Non-Google Lainnya

Untuk aplikasi non-Google, Anda harus memeriksa ulang apakah aplikasi tersebut mendukung Google Drive. Misalnya, Anda mungkin ingin aplikasi perpesanan menyimpan riwayat obrolan Anda. Sebagian besar aplikasi populer akan memiliki opsi ini.

Chrome dan Peramban Seluler Lainnya

Jika Anda menyimpan kata sandi atau bookmark di Chrome atau peramban seluler lainnya, pastikan untuk masuk di semua perangkat Anda sehingga data Anda disinkronkan dengan benar. Buka pengaturan browser dan masuk jika Anda belum masuk.

By